Friday, April 22, 2011

Goa Terpanjang di Dunia


Luweng JaranLuweng Jaran
Selain begitu menjamurnya obyek wisata Pacitan, Kabupaten yang satu ini juga memiliki eksotisme alam yang sangat menarik dan nenantang untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang membuat penasaran banyak orang ini adalah Luweng Jaran. Luweng Jaran adalah sebuah terowongan yang bisa dijadikan tempat ekspedisi para pecinta alam maupun untuk tujuan wisata anda. Luweng Jaran merupakan gua terpanjang di Indonesia, data terakhir yg masuk pada daftar gua terpanjang di dunia. 
Namun, walaupun Luweng Jaran ini adalah salah satu tempat ekspedisi, keberadaannya masih dieruntukkan hanya untuk orang – orang yang sudah memiliki keahlian khusus dalam ekspedisi alam, dan tidak untuk umum. Ini disebabkan karena lokasinya yang sangat sulit ditempuh dan membahayakan, sehingga butuh keahlian khusus untuk mampu masuk kedalam Luweng Jaran ini.
Luweng Jaran yang terdaftar pada tahun 2002 mempunyai panjang total mencapai 24 km. Lokasi Luweng Jaran ini adalah terletak di desa Jlubang, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur, atau sekitar 30 Km dari Pusat kota Pacitan. Luweng Jaran pada awalnya ditemukan pertama kali oleh penduduk setempat, dan akhirnya di eksplorasi pertama kali oleh tim Ekspedisi Gabungan Anglo – Australian, yg didampingi oleh Penelusur Gua dari Indonesia pada tahun 1984. Pada saat itu hasil pemetaan mencapai 11 km, kemudian ekspedisi dilanjutkan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun 1992 kembali ekspedisi dapat menggabungkan Luweng Jaran dengan Luweng Punung Plente, sehingga panjang total mencapai 19 km. Luweng ini sangat berbahaya pada musim hujan, karena merupakan Swallow Hole atau tempat menghilangnya sungai permukaan ke dalam gua. Cukup banyak penelusur gua yg terjebak banjir di gua ini.
Untuk menelusuri gua ini diperlukan peralatan vertikal, dengan rincian sumuran pertama mempunyai  kedalaman 12 meter, sampai ke teras pertama mempunyai jarak sekitar 25 meter sebelum mencapai sumuran kedua dengan kedalaman 25 meter. Lalu kemudian setelah sumuran kedua, terdapat lorong yang sangat besar, mulai disini medan dapat ditempuh tanpa peralatan vertikal. Luweng Jaran dapat disebut sebagai gua labirin, karena lorongnya bercabang-cabang dan bertingkat. Ketika anda berminat dan teratrik untuk berekspedisi di Luweng jaran ini, maka disarankan untuk membawa peta gua atau meninggalkan marker supaya tidak tersesat dalam kegiatan penelusuran di gua ini. Nah, anda siap berekspedisi dan menaklukkan tantangan menyusuri Luweng Jaran?
sumber : http://jiastisipolcandradimuka.blogspot.com/2011/03/luweng-jaran-goa-terpanjang-di.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...