Thursday, September 25, 2014

Artis Indonesia yang Menikah Beda Agama

Goyangnews - Masalah pernikahan beda agama kembali mencuat setelah muncul gugatan UU Pernikahan yang berkaitan dengan kepastian status pasangan beda agama. Gugatan dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Anbar Jayadi dengan empat rekannya yang juga alumni FH UI yakni Damian Agata Yuvens, Rangga Sujud Widigda, Varida Megawati Simarmata, dan Lutfi Sahputra. Menurutnya, pasal 2 ayat 1 UU No. 1/1974 yang berbunyi, "Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaan itu," sudah mengakibatkan ketidakpastian hukum bagi pasangan beda agama yang hendak menikah di Indonesia.
Sebagai akibatnya, para pasangan beda agama di Indonesia yang hendak menikah pun menghindari pasal itu dengan cara memelintir hukum dan menggelar pernikahan di luar negeri atau menikah secara adat. Berikut ini adalah 11 pasangan artis Indonesia yang melangsungkan pernikahan beda agama. Siapa saja?

1. Katon Bagaskara - Ira Wibowo
Katon Bagaskara dan Ira Wibowo menikah pada 28 Oktober 1996 silam. Sebelum menikah dengan Ira, Katon sudah pernah menikah dan dikaruniai seorang putri bernama Chika Putri Bagaskara (lahir 9 Juni 1993). Sedangkan ketika menikah dengan Ira, ia dianugerahi dua anak, yakni Andhika Radya Bagaskara (lahir 28 Agustus 1997) dan Mario Arya Bagaskara (lahir 28 Agustus 2002). Sayangnya, pada 18 Desember 2012, Katon dan Ira resmi cerai dengan alasan tak ada lagi kecocokan di antara keduanya.

2. Deddy Corbuzier - Kalina
Pasangan pesulap ini mengikat janji suci pada Kamis, 24 Februari 2005. Mereka melakukan pernikahan dengan dua cara, yaitu akad nikah sesuai tuntunan Islam, agama yang dianut oleh Kalina. Pernikahan mereka dilakukan sesuai hukum Islam di kediaman Deddy di kawasan Bintaro, Tangerang. Akad nikah diadakan secara sederhana, tepat pukul 8 pagi. Orang tua Deddy hadir, sedangkan ayah Kalina mewakilkan surat kuasa pada orang lain untuk menikahkan Kalina. Setelah menikah secara Islam, Deddy dan Kalina menikah secara negara dan mencatatkannya ke kantor catatan sipil. Akan tetapi, rumah tangga mereka kandas pada 31 Januari 2013 di Pengadilan Negeri Jakarta Utara setelah menjalani proses cerai selama 6 bulan. Mereka memutuskan berpisah karena merasa tak ada lagi kecocokan. Dari pernikahan mereka terlahir seorang putra bernama Azkanio Nikola Corbuzier.

3. Tamara Bleszynski - Mike Lewis
Pada 2 Februari 2010 Tamara resmi menjadi istri Mike Lewis di Villa Bayuh Sabbha, Uluwatu, Jimbaran, Bali. Mereka menggelar pernikahan beda agama. Ini adalah pernikahan kedua Tamara pasca perceraiannya dengan Teuku Rafly Pasya. Pernikahan mereka memang tak begitu ramai dipublikasikan, sebab hanya keluarga dan orang terdekat saja yang diundang. Pada 22 Desember 2010, mereka dikaruniai putra bernama Kenzou Leon Blezynski Lewis. Namun di awal 2012 Tamara menggugat cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan dikabulkan lewat putusan pengadilan pada 28 Mei 2012.

4. Lydia Kandou - Jamal Mirdad
Pasangan ini menikah pada 1986 silam. Lydia yang penganut Kristen menikahi Jamal yang seorang muslim. Mereka ngotot menggelar pernikahan beda agama di Indonesia dan berusaha keras memperjuangkan statusnya di Pengadilan Negeri. Pernikahan mereka pun menuai kritik hingga ditentang dan dikecam oleh agamawan dan masyarakat. Ibunda Lydia juga sempat tak menyetujui pernikahan itu. Sayangnya, usai 27 tahun membangun rumah tangga, mereka cerai pada 4 Juli 2013 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mereka memutuskan bercerai karena berbeda prinsip sudah tak harmonis lagi.

5. Cornelia Agatha - Sony Lalwani
Sony dan Cornelia menikah pada 18 Maret 2006 di Hong Kong. Sebelumnya, keduanya telah berpacaran selama 8 tahun. Kemudian mereka memiliki anak kembar yang lahir lewat operasi caesar pada 7 Desember 2006. Akan tetapi, rumah tangga pasangan ini juga kandas. Cornelia melayangkan gugatan cerai pada 29 Oktober 2012. Putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 1 Agustus 2013 mengungkap bahwa mereka bercerai lantaran Cornelia terbukti jadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) selama 3 tahun dan jarang pulang ke rumah. Atas putusan hakim itu, maka hak asuh terhadap anak kembarnya, Makayla Athaya Lalwani dan Tristan Athala Lalwani praktis diserahkan ke Cornelia.

6. Frans Mohede - Amara
Bermula dari sebuah grup musik bernama Lingua yang mereka bangun bersama, akhirnya tumbuh rasa cinta antara Amara dengan Frans. Amara yang penganut Islam menikah dengan Frans yang penganut Kristen Protestan pada 1 Desember 1999 di Hong Kong. Mereka kemudian dianugerahi dua anak. Mereka juga hanya memberi dasar pemahaman soal agama pada anak-anak mereka. Saat sudah dewasa nanti, Frans dan Amara menyerahkan pilihan untuk beragama pada anak-anaknya. Mereka juga berkomitmen untuk membimbing anak-anaknya, apapun agama yang dipilih. Hingga 15 tahun pernikahannya, rumah tangga mereka masih tenang dan tak pernah ada kabar miring menimpanya.

7. Nia Zulkarnaen - Ari Sihasale
Ibunda Nia Zulkarnaen, Mieke Wijaya, saat itu merupakan seorang aktivis partai belandaskan Islam. Pada 25 September 2003 Nia menikahi Ari Sihasale di Perth, Australia. Hal itu tentu saja memicu perdebatan, terutama karena Ari adalah seorang non muslim. Nia juga pernah mengatakan, untuk menghormati Ari, pada Minggu 5 Oktober 2003, pukul 09.00 WIT, ia ikut kebaktian di Gereja Betlehem Kuala Kencana. Nia memutuskan tetap beragama Islam, sedangkan Ale tetap beragama Katolik. Resepsi pernikahan mereka diadakan di Hotel Sheraton Timika, Rabu, 8 Oktober 2003. Hingga kini rumah tangga mereka masih harmonis.

8. Jeremy Thomas - Ina Indayanti
Jeremy memulai karier di dunia modelling sejak 1994. Ia yang seorang Kristen tidak menduga akan bertemu Ina Indayanti (Ina Thomas) sesama model yang seorang Islam. Saat memutuskan untuk menikah, mereka masih memeluk agamanya masing-masing. Pasangan ini dianugerahi dua anak, yakni Axel Matthew Thomas dan Valerie Teresa Thomas. Rumah tangga mereka sampai saat ini masih terlihat harmonis.

9. Irfan Bachdim - Jennifer Kurniawan

Pesepakbola sekaligus model iklan, Irfan Bachdim menikah dengan model Jennifer Kurniawan pada 8 Juli 2011. Pasangan ini menggelar pernikahannya di Belanda, sebab di sana memungkinkan pelaksanaan pernikahan beda agama. Kabarnya, pernikahan ini sempat ditentang oleh keluarga besar Irfan. Meski begitu, pernikahan mereka hingga kini masih langgeng.

10. Glenn Fredly - Dewi Sandra
Setelah cerai dari Surya Saputra, Dewi Sandra yang telah menganut Islam kemudian menikah lagi dengan Glenn Fredly penganut Kristen pada Senin, 3 April 2006. Resepsi pernikahan digelar di Hotel Tirtha Bali, Pecatu, Kuta Selatan, dan tertutup bagi media. Pada 12 Maret 2009 mereka cerai tanpa menghasilkan anak dari pernikahannya. Mereka bercerai karena tak harmonis lagi dan ada selisih paham yang tak dapat mereka selesaikan. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai mereka dengan mudah karena tidak dikaruniai anak.

11. Aqi Alexa - Audrey Meirina
Vokalis Alexa, Aqi, menikah dengan Audrey Stephanie Meirina pada 1 Februari 2012, di rumahnya di Ciganjur, Jakarta Selatan. Aqi yang penganut Islam menikahi Audrey yang non muslim dengan pernikahan secara Islam. Aqi sendiri membantah soal pernikahan yang diadakan secara diam-diam lantaran perbedaan keyakinan di antara keduanya. Aqi menyatakan jika dirinya tidak mempermasalahkan perbedaan agama antara ia dengan sang istri, Audrey.




sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...