Saturday, September 20, 2014

Cave Tubing Kalisuci

 

Bila Anda adalah pehobi berpetualang dengan alam, Cave Tubing Kalisuci bisa menjadi pilihan liburan Anda di Yogyakarta. Cave Tubing Kalisuci sendiri terletak di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Lokasi ini bila Anda akses dari Kota Yogyakarta berjerak sekitar 40 km atau sekitar 10 km dari Kota Wonosari.
Cave Tubing sendiri merupakan perpaduan antara arung jeram (rafting) dengan susur gua (caving) dimana dua aktivitas tersebut sebenarnya terpisah. Lantaran lokasi Gua Kalisuci ini memiliki arus air yang deras dan sungai terletak didalam gua, maka cocoklah bila aktivitas dialam bebas ini menjadi sebuah tantangan yang memukau bagi para pecinta petualangan alam.
Sebelum Anda masuk kedalam gua, pemandu akan memberikan pengarahan bagaimana kiat dan cara yang bisa dilakukan saat Anda mengikuti Cave Tubing Kali suci ini. Berikutnya, pemangsangan safety gear seperti pelampung, helm, pengaman lutut, dan pengaman kaki. Kemudian pemandu akan membagikan ban dalam mobil bagi setiap peserta.


Saat turun menuju sungai didalam gua, pemandu akan selalu menemani Anda. Jangan khawatir karena mereka akan meng-guide peserta hingga akhir petualangan.

Gua Kalisuci sendiri merupakan salah satu segmen dari kawasan Kars Gunungsewu yang luasnya mencakup tiga kabupaten yaitu Gunung Kidul, Wonogiri dan Pacitan. Kawasan Karts di Gunung Kidul sendiri memiliki luas sebanyak 13.000 km2 yang mencakup 10 wilayah kecamatan di Gunung Kidul.

Oleh karena keunikan tersebut, pada tahun 1993 silam International Union Speleology mengusulkan agar kawasan Kars Gunungsewu termasuk didalamnya Gua Kalisuci masuk kedalam salah satu warisan alam dunia. Tidak hanya itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 6 Desember 2004 mencanangkan tempat tersebut sebagai Kawasan Ekokarts.

Lokasi alam Karts ini perlu dibanggakan karena tiga pusat wisata petualangan alam cave tubing didunia terdapat di Indonesia salah satunya di Gua Kalisuci Gunung Kidul kemudian di negara Meksiko dan Selandia Baru.

Sensasi saat memasuki Gua Kalisuci akan terasa dimulai dari Anda turun menuju sungai bawah tanah. Air yang jernih, suara alam yang indah akan membawa Anda semakin terhanyut akan keindahan alam kebesaran Tuhan.

Arus air yang deras akan membawa ban dalam yang Anda tumpangi semakin hanyut kebawah menuju titik pemberhentian. Bila diukur dengan kaki, kedalaman air hanya sampai lutit saja. Sehingga bagi yang tidak bisa berenangpun bisa merasakan sensasi menyusuri Gua Kalisuci tersebut.

Pemandu akan menemani perjalanan Anda sejauh setengah kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih 1.5 jam. Untuk menikmati tantangan ini, peserta Cave Tubing Kalisuci dikenakan biaya sebesar Rp. 65 ribu per orang dengan jumlah peserta 5 orang. Akses menuju tempat wisata tersebut harus dilalui dengan kendaraan pribadi lantaran kendaraan umum belum bisa menjangkau tempat tersebut. Puaskan liburan Anda dengan menjajal Cave Tubing Kalisuci ini meskipun hanya satu kali seumur hidup Anda



sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...