Saturday, September 27, 2014

Sungai-sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Kapuas dilihat dari Jembatan Sungai Kapuas, Sintang

Sebagai wilayah kepulauan, Indonesia memang menjadi salah satu negara yang mempunyai jumlah sungai yang teramat banyak, karenanya jelas muncul banyak list tentang nama-nama sungai yang ada di Wilayah Indonesia. Nah, dari sekian banyak sungai yang ada di Indonesia, ada 10 sungai yang tercatat sebagai 10 sungai terpanjang, sungai mana sajakah? Monggo disimak.

1. Sungai Kapuas

Sungai kapuas, dikenal sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan Indonesia. Total panjangnya mencapai 1.178 km. mengalir di sepanjang provinsi Kalimantan barat dari pegunungan Muller dan berakhir di Muara Sungai di Selat Karimata.

Sungai Kapuas

2. Sungai Mahakam

Merupakan sungai terpanjang kedua di Indoensia dan terpanjang pertama di Kalimantan Timur. Total panjangnya mencapai 920 km dan bermuara di Selat Makasar. Sungai ini melewati daerah Kutai Barat hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

Sungai Mahakam

3. Sungai Barito

Sungai Barito terletak di Kalimantan Tengah. Total panjangnya mencapai 909 km. Sama seperti Sama seperti Sungai Kapuas, Sungai Barito ini juga mengalirkan sungai dari mata air Pegunungan Muller. Hanya saja muaranya bukan di selat karimata, melainkan di laut jawa.

Sungai Barito

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Pulau Sumatera. Total panjangnya mencapai 800 km dengan lebar sungai antara 200-600 meter. Sungai ini melintas di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan.

Sungai Batanghari

5. Sungai Musi

Sungai Musi terkenal sebagai salah satu ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan sungai terpanjang ke-5 di Indonesia dengan panjang mencapai 750 km. Sungai ini mengalirkan air dari mata air di daerah Kepahiang (Bengkulu) hingga ke Selat Bangka.

Sungai Musi

6. Sungai Membramo

Sungai terpanjang lainnya adalah Sungai Membramo yang terletak di Papua. Sungai ini memiliki panjang sampai 670 km yang menjadikannya sungai terpanjang di Papua dan sungai terpanjang ke-7 di Indonesia. Sungai Membramo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga banyak yang menjulukinya dengan sebutan "Amazon-nya Indonesia".

Sungai membramo

7. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo sudah sangat mendunia, karena namanya dijadikan judul sebuah lagu keroncong yang legendaris. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang sungai mencapai 548,53 km yang mengalir di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sungai ini mengalir dari hulu sungai di Pegunungan Kidul hingga ke muara didaerah Gresik.

Sungai Bengawan Solo

8. Sungai Digul

Selain Sungai Membramo, Papua juga memiliki sungai yang tidak kalah panjangnya, yaitu Sungai Digul. Sungai yang memiliki sebutan Tanah Merah ini memiliki panjang 546 km. Dinamakan Tanah Merah karena jika waktu musim penghujan tiba sungai ini akan menjadi merah keruh karena tipe tanah yang berlumbur. Sungai ini mengalirkan air dari mata air di Pegunungan Sterren hingga ke Laut Arafuru.

Sungai Digul

9. Sungai Indragiri

Merupakan salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Panjangnya mencapai 500 km. Wilayah-wilayah yang dilalui aliran sungai ini antara lain Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan juga Provinsi Riau (Indragiri Hulu-Hilir). Sungai ini bermuara di perairan Laut China Selatan.

Sungai Indragiri

10. Sungai Seruyan

Terletak di  Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sungai Seruyan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang yang mencapai 350 km. Lebar sungai mencapai 300 meter dengan kedalaman rata-rata 6 meter..

Sungai Seruyan





sumber
foto atas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...