Saturday, September 27, 2014

Jam Besar alias Jam Besak - Jambi

Jam Besak Di Tepian Sungai Batang Hari/ photo: infojambi.comJam Besak Di Tepian Sungai Batang Hari/ photo: infojambi.com
 
Pengerjaan proyek menara jam besar alias jam besak di Seberang Kota (Seko) Jambi terus dikebut. Puluhan pekerja beraktivitas siang dan malam hingga pukul 22.00 WIB. Maklum, proyeknya  ditargetkan mesti rampung akhir Desember ini. Seorang pengawas proyek membenarkan hal tersebut baru-baru ini.
“Targetnya, memang harus telah siap pada akhir Desember,” ucapnya.
“Kemajuan fisik saat ini sudah 40% lebih”, lanjutnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendirikan jam besak  di Seberang Kota menandingi jam gadang di kota wisata Bukit  Tinggi Sumatera Barat yang sudah berdiri sekitar seabad lalu.
Pendirian  jam besar di Kelurahan Arab Melayu, akan menjadi salah satu ikon Kota Jambi sekaligus objek wisata religi. Ddi lokasi menara  akan dibangun pula museum berisikan sejarah masuknya agama Islam ke Jambi serta kisah Islami lainnya.
Ibnu Ziady M.Z, PPTK bangunan tersebut menjelaskan, menara dibuat berketinggian 85 meter, terdiri empat sisi,  di bagian atasnya akan dipasangi jam besar yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dan berdentang setiap masuk waktu sholat.
“Sehingga yang mendengarnya teringat waktu sholat”, urai Ibnu.
Menara jam dan museum dibangun di atas lahan 32 x 136 meter, dibiayai dana APBD provinsi Rp 13 Miliyar. Selain pembangunan menara jam besar, juga akan dibangun jembatan gantung (pedestrian) berbentuk huruf “S’ melintas di atas Sungai Batanghari berlokasi  di taman tanggo rajo (di depan gubernuran). Ujung jembatannya nanti akan dipertemukan langsung  dengan lokasi tempat jam besar berdiri.
“Untuk jembatan diharapkan rampung 2014 awal, sekarang  tahap pengadaan. Sementara jam besar ditargetkan selesai Desember tahun ini”, kata gubernur beberapa waktu lalu.
Proyek jembatan akan menyerap biaya Rp 85 Miliyar, sementara jam besar Rp 13 Miliyar, belum termasuk dana pembuatan taman.
“Ini bukan untuk gagah-gagahan, tapi  keindahan untuk mendorong pariwisata. Karenanya diharapkan dukungan semua pihak,” pinta gubernur.



sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...