Saturday, June 16, 2012

Pulau Moyo, Pesona Nusa Tenggara Barat


Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, berdasarkan surat keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI no. 308/KPTs-11/1986 tanggal 24 September 1986 dijadikan Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo dan Taman Buru Pulau Moyo.


Tanjung Pasir
Post image
eg
Tanjung Pasir terletak diujung selatan Pulau Moyo. Di tanjung pasir ini terdapat beberapa brugak yaitu semacam bale yang belum selesai terbangun. Padahal bila semua brugak-brugak selesai dibangun, setiap pelancong dapat berisitirahat di brugak ini sambil menikmati pemandangan laut yang indah dan angin sepoi-sepoi. Tanjung ini biasa juga dijadikan tempat beristirahat bagi para nelayan sebelum kembali ke daratan.

Untuk mencapai kesana

Untuk mencapai Tanjung Pasir, kita dapat pergi melalui Sumbawa Besar dengan perahu motor nelayan sekitar 1,5 jam. Tempat yang paling dekat untuk mencapai Tanjung Pasir adalah dari desa Ai Bari dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dengan menggunakan perahu motor nelayan. Desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan dari Sumbawa Besar sekitar 1 jam.

Air terjun Mata Jitu

 Post image

Air terjun ini dapat ditempuh dari desa Labuan Aji dengan sepeda motor atau ojek sekitar 20 menit dengan membayar ongkos ojek dan kontribusi ke dusun Labuan Aji. Dalam perjalanan menuju air terjun, kita dapat menikmati pemandangan alam seperti perkebunan jambu mete dan hutan. Pada sekitar air terjun terdapat 7 kolam dimana kita tidak diperkenankan mandi atau berenang disana, namun ada tempat khusus yang telah disediakan untuk kegiatan tersebut




sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...