Friday, January 20, 2012

Monyet Miller's Grizzled Langur ditemukan di Kaltim

detail berita
Lutung beruban (foto : The Epoch Times)
Monyet bernama Miller's Grizzled Langur ini berwajah hitam dan memiliki kerah putih layaknya penampilan Drakula. Meskipun sempat dikira punah, para peneliti menemukannya kembali di Pulau Kalimantan, Indonesia.

Tim peneliti tesebut memasang perangkap kamera di hutan Wahea, ujung timur Pulau Kalimantan, sambil berharap mendapat foto macan tutul, orang utan, dan beberapa satwa liar lain yang dikenal suka berkumpul titik yang mengandung garam mineral. Seperti diwartakan Associated Press, Jumat (20/1/2012), para peneliti tersebut memperoleh foto yang sangat mengejutkan, yaitu sekelompok monyet yang belum pernah  terlihat sebelumnya.

Lutung beruban atau Grizzled Langur tersebut sebelumnya hanya diketahui dari sketsa di museum. Tanpa adanya foto virtual dari keberadaan lutung beruban, para peneliti mengalami kesulitan untuk mengkonfirmasi dugaan mereka.

"Kami semua sangat senang dengan fakta bahwa, wow, monyet ini masih hidup, dan berada di Wahea," kata Brent Loken, salah satu peneliti yang memimpin proyek tersebut, sekaligus mahasiswa Ph.D. di Simon Fraser University, Kanada.

Monyet berwajah hitam tersebut sebelumnya diketahui hidup di wilayah timur laut Kalimantan. Namun, hutan tempat hidup monyet langka itu telah hancur akibat kebakaran, perambahan hutan oleh manusia, dan konversi lahan untuk pertanian dan pertambangan.

"Bagi saya penemuan monyet ini mewakili begitu banyak spesies di Indonesia. Ada banyak jenis hewan yang baru sedikit diketahui, sementara wilayah yang jadi tempat tinggal mereka menghilang begitu cepat," terang Brent.

"Rasanya seolah banyak binatang seperti ini yang akan semakin cepat mencapai kepunahan," tandasnya.


sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...