Thursday, February 10, 2011

Pantai Bukit Batu

Pulau Belitung memang kaya akan panorama alam pantai-pantai indah nan naturalnya, kebanyakan orang luar yang pernah berkunjung ke pulau Belitung dengan menyaksikan beberapa pantai, berani berkata bahwa pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang berada dikawasan lain Indonesia ini.

Pantai Bukit Batu dilihat dari atas bukit

Mengutip harian Kompas tertanggal Minggu, 30 Agustus 2009, dimana seorang pelancong asal Inggris, Mr. Rod Swift (61), dia berkata "Rasanya saya ingin mati tua di sini saja.”

Satu demi satu dalam blog ini akan saya kupas panta-pantai cantik nan menakjubkan yang ada di Belitong. Yang pertama saya akan mulai dengan sebentuk pantai cantik yang disebut dengan nama Pantai Bukit Batu.


Pantai Bukit Batu berjarak kurang dari 2 km dari Desa Burung Mandi – Belitung Timur. Sebuah pantai yang membelakangi bukit. Ketika saya mengunjungi Bukit Batu bersama dengan teman, sang teman menjadi terkagum-kagum dan menyebutnya unik serta aneh. Anehnya karena letak pantainya yang justru berada di sebuah bibir bukit. Sebuah pantai yang katanya sangat jarang sekali ditemukan. Unik karena di pantai ini masih bisa dilihat agar-agar rumput laut. Sesuatu yang sebenarnya bisa dikatakan barang langka.


Panorama yang indah dengan alam Matahari terbit di pagi hari. Sebuah pantai di lereng bukit. Kontur pantai yang berbukit membuat tempat ini unik. Bukit Batu dibangun oleh Bupati Belitung timur pertama, Basuki T. Purnama (Ahok) pada tahun 2004. Pengunjung bisa mendapatkan warung makanan yang baik dengan fasilitas toilet dan kamar mandi memiliki 2 bungalow yang dibangun tepat di pantai untuk menikmati pemandangan sekitar.

Terdengar bunyi burung dan deburan ombak yang membuat perasaan tenang bila pengunjung berkunjung di kawasan ini. Itulah sebuah kawasan wisata Pantai Bukit Batu. Untuk turun ke pantai harus melalui jalan yang khusus dibangun dari semen. Pengunjung dapat melihat dan menikmati keindahan pantai yang dipenuhi sebaran bebatuan. Saat duduk di bangunan gazebo, yang tersedia disini, terasa suasana nyaman dan damai. Pantai Bukit Batu berpasir putih di tambah dengan bebatuan granit yang terserak untuk semakin memperindah alam sekitar.


Jika anda berjalan diseputar pantai, anda dapat menyaksikan batu-batu dari yang kecil hingga yang besar – batu-batu disini mengingatkan kita dengan gugusan batu yang berada di pantai Tanjungtinggi atau Tanjungkelayang. Anda bisa memasuki rongga atau celah batu yang satu dengan yang lainnya sehingga anda bisa menyembunyikan anda. Melompat dari batu yang satu ke batu yang lainnya merupakan hal yang atraktif, sehingga membuat anda yang berkunjung, atau anda sendiri meminta rekan anda untuk mengabadikan momen yang baru saja atau yang mau anda lakukan.

Ikon dari tempat ini adalah sebuah batu besar yang disebut Batu Betarak. Beberapa orang disekitar daerah ini menyebutnya Batu Sembayang.


sumber : http://insidebelitung.blogspot.com/2010/12/pantai-bukit-batu.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...