Sunday, October 2, 2011

Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, Batu - Malang

Kemana para urban mama dan papa mengajak anak tercinta jika ingin melihat binatang-binatang dari dekat? Taman Safari Indonesia, Kebun Binatang Ragunan, Bali Zoo Park? Sekarang ada satu pilihan lagi yang tidak kalah menarik bahkan menurut saya kebun binatang ini salah satu yang terbaik di Indonesia.




Jatim Park 2 terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Pohon Inn (hotel). Biaya masuk Jatim Park 2 ini hanya Rp. 50.000 untuk weekend, tiketnya bisa digunakan untuk masuk ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Jatim Park 2 buka pukul 10.00 sampai pukul 18.00.




Di Batu Secret Zoo kita bisa menikmati bercengkrama dengan binatang-binatang dari dekat. Bangunan yang bersih dan teratur serta stroller friendly membuat perjalanan di dalam kebun binatang ini sangat nyaman dan menyenangkan. Berjalan-jalan di kebun binatang ini memang memerlukan tenaga ekstra karena kita harus berjalan kaki mengelilinginya. Tapi jangan khawatir, mereka menyediakan penyewaan E-Bike (sepeda yang digerakkan dengan baterai) dengan biaya Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000 per 3 jam, cukup membantu bagi yang tidak kuat berjalan jauh.



Di sini pun banyak tersedia toilet, namun sayangnya ruang ibu dan bayi hanya saya temukan di toilet sebelum pintu masuk. Toiletnya pun sangat bersih dan “natural” karena biasanya kita mencuci tangan sambil bercermin, tapi di sini cermin digantikan dengan kaca yang bisa melihat langsung ke kandang burung, nice!
Di Batu Secret Zoo ini terdapat beberapa zona:
  • Zona Flying Lemur dimana kita dapat melihat berbagai jenis Monyet, Burung, Kangguru, Reptil, dan tentunya Lemur yang sangat lincah.
  • Zona Aquarium dimana terdapat ikan air tawar dan air laut, di dalam aquarium ini terdapat ikan hiu kecil yang ditempatkan di kaca di atas kepala kita.
  • Zona Savannah dimana kita dapat bercengkrama secara langsung dengan memberi makan bebek dan flamingo, memberi pisang untuk gajah, berfoto dengan ular dan burung. Di Zona ini juga terdapat permainan-permainan antara lain Water Zone, Playground, Safari Farm, Animal Castle, dan berbagai permainan lainnya yang disediakan secara gratis. Di Safari Farm, kita diajak berkeliling menaiki kereta yang ditarik dengan traktor, dan bisa secara langsung memberi makan binatang seperti Unta, Rusa, dan Kuda Poni.
  • Zona Tiger Land dimana terdapat koleksi harimau-harimau dari Indonesia dan manca negara seperti Harimau Sumatera, White Tiger, Golden Tiger, Cheetah. Kandang-kandang harimau ini dibuat bertema dan sangat bersih.
Lanjut berjalan-jalan ke Museum Satwa yang bersebelahan dengan Batu Secret Zoo, dimana bangunannya sangat gagah dengan pilar-pilar besar dan diapit dengan gajah raksasa di kiri-kanannya. Di dalam Museum Satwa ini kita disuguhkan diorama-diorama berbagai jenis binatang. Di area masuk terdapat Sangkar Burung Raksasa yang dipenuhi bunga-bunga yang dijadikan tempat untuk berfoto.
Diorama-diorama ini mengingatkan saya akan film Night at The Museum, saya dan keluarga saya sangat menikmati berkeliling di museum ini. Sangat terawat, bersih, binatang-binatangnya pun dibuat semirip mungkin dengan aslinya, dan selalu ada petugas yang bisa dimintai penjelasan di setiap sudut.
Di Museum Satwa ini terdapat kerangka Dinosaurus, Galeri fosil, Insectarium, dan berbagai jenis ikan, gajah, jerapah, beruang dan lain-lain. Di Galeri Fosil juga diadakan pertunjukkan layaknya Ice Age setiap pukul 11.00, 13.00, 15.00 dan 17.00 selama kurang lebih 15 menit.
Batu Secret Zoo dan Museum Satwa dikemas sedemikian rupa sehingga sangat menyenangkan untuk anak-anak dan juga untuk para urban mama-papa sama sekali tidak terasa bosan berjalan-jalan di sini. Enam jam saya susuri satu demi satu zona-zona itu dan keluar dengan perasaan puas dan senang karena menemukan salah satu tempat wisata di dalam negeri yang tidak kalah dengan kebun binatang di negara lain.
Jatim Park 2: Jl. Raya Oro-Oro Ombo no. 9 Kota Wisata Batu- Jawa Timur, Indonesia. No. telp: 0341-5025777





sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...