Sunday, July 29, 2012

Pencak Silat Digemari Masyarakat Maroko

Pencak Silat Indonesia yang merupakan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia cukup digemari oleh masyarakat Maroko. Hal ini terlihat saat anak-anak, remaja dan pemuda Maroko mendemonstrasikan kemampuan pencak silat Indonesia di hadapan publik Maroko.

Asosiasi Pencak Silat Indonesia Maroko yang menjadi salah satu mitra kerja KBRI Rabat mengadakan Pagelaran Pencak Silat di Auditorium Sinema Sale-Maroko dalam rangka memperingati Hari Lahir Putra Raja, Pangeran Moulay Hassan.
Pada pembukaan pagelaran tersebut dikumandangkan lagu kebangsaan Maroko dan lagu kebangsaan Indonesia yang dihadiri Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja beserta seluruh staf KBRI Rabat dan kalangan masyarakat Indonesia di Maroko.
Aksi unjuk kebolehan seni beladiri tradisional Indonesia tersebut, yang menampilkan gerakan yang dinamis dengan tangkas didemonstrasikan para remaja Maroko, sehingga mengundang tepuk tangan dari masyarakat Maroko yang memadati Auditorium Sinema Sale-Maroko.
Dalam menyatukan gerakan silat, ucapan `Satu, Dua, Tiga ` dengan tegas dituturkan para pemain pencak silat sehingga mengundang tepuk tangan dari Dubes Tosari Widjaja serta masyarakat Indonesia lainnya.
Untuk kesuksesan acara tersebut, KBRI Rabat memberikan dukungan penuh kepada Ketua Pencak Silat Indonesia Maroko Abdessalam yang juga merupakan warga Maroko.
Dubes Tosari Widjaja dalam sambutannya pada acara pembukaan menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia untuk senantiasa memberikan dukungan atas berbagai kegiatan dan upaya Asosiasi Pencak Silat Indonesia Maroko dalam mempromosikan Pencak Silat di Maroko.
Dubes juga menyampaikan kesiapan Pemerintah Indonesia untuk mendatangkan para guru silat Indonesia untuk memberikan pelatihan pencak silat bagi pemuda-pemudi Maroko.
Pada kesempatan tersebut Dubes Tosari Widjaja memberikan piagam penghargaan kepada Ketua Pencak Silat Indonesia Maroko Abdessalam atas upayanya mempromosikan pencak silat di Maroko.
Sebagai salah satu bentuk dukungan KBRI Rabat pada acara tersebut, lima mahasiswa Indonesia di Maroko telah tampil pada acara pagelaran tersebut untuk mendemonstrasikan pencak silat Indonesia.



sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...