Sunday, October 3, 2010

Candi dibawah Laut

Akhir-akhir ini beredar kabar tentang adanya temuan candi dibawah laut. Kabar ini berawal dari beredarnya foto candi dibawah laut di situs microblogging Twitter. Foto tersebut disebut-sebut berada dibawah laut selat Bali. Dalam gambar tersebut terlihat bangunan seperti gapura candi yang berdiri tegak. Di gambar lain ada juga gambar candi yang tertutup karang-karang laut. Bangunan tersebut mengingatkan pada gapura-gapura yang sering dijumpai di pura-pura yang ada di Bali.
candi dibawah laut
Tetapi banyak yang meragukan tentang kebenaran candi tersebut. Pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata juga belum memastikan kebenaran gambar foto candi tersebut. Meski demikian Kemenbudpar berencana menindaklanjuti informasi tentang candi di bawah laut tersebut. Salah satunya dengan bertemu dengan pengupload foto di Twitter.

Entah foto tersebut hoax atau bukan. Namun barusan ketika googling tentang kebenaran candi dibawah laut tersebut, saya menemukan sebuah tulisan menarik di website kompasiana.com yang berjudul Candi di Bawah Laut HOAX??.

Kesimpulan saya setelah membaca tulisan tersebut, bahwa gambar candi dibawah laut yang tersebar di internet bukanlah candi peninggalan sejarah yang berumur ratusan tahun. Tetapi merupakan hasil dari pengembangan karang di Pemuteran, yang kemudian diberi nama Proyek Konservasi Karang Lestari Pemuteran. Yang kemudian dikembangkan dengan pebuatan taman laut pada tahun 2005. Sebanyak enam kapal tua, bekas-bekas bangunan candi bentar, juga patung-patung ditenggelamkan ke dasar laut berkedalaman sampai 20 meter.

wallahu a'lam



sumber : http://rumingkang.blogspot.com/2010/08/candi-dibawah-laut.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...