Monday, November 1, 2010

Katon Bagaskara

Katon Bagaskara
Katon Bagaskara.jpg
Latar belakang
Nama lahir Ignatius Bagaskoro Katon
Lahir 14 Juni 1966 (umur 44)
Bukittinggi, Sumatera Barat , Flag of Indonesia.svg Indonesia
Pekerjaan penyanyi, aktor
Tahun aktif 1994 - sekarang
Pasangan Ira Wibowo
Anak Chika Putri Bagaskara
Andhika Radya Bagaskara
Mario Arya Bagaskara
Orang tua AR. Djuano dan Agnes Sumarsih
Katon Bagaskara
Nama Lahir Ignatius Bagaskoro Katon
Tanggal Lahir 14 Juni 1966
Tempat Lahir Magelang, Jawa Tengah
Orang Tua AR. Djuano
Agnes Sumarsih
Saudara Andre Manika
Nugie
Istri Ira Wibowo
Anak Chika Putri Bagaskara
(lahir 9 Juni 1993)
Andhika Radya Bagaskara
(lahir 28 Agustus 1997)
Mario Arya Bagaskara
(lahir 28 Agustus 2002)

Katon Bagaskara (lahir di Magelang, Jawa Tengah, 14 Juni 1966; umur 44 tahun) selain menjadi vokalis grup band KLa Project, Katon juga mengeluarkan album solo dan album trio bersama kedua saudaranya, Andre Manika dan Nugie. Tak hanya menyanyi, Katon pun menciptakan lagu. Katon adalah suami dari presenter dan pemeran Indonesia, Ira Wibowo.

Biografi

Masa Kecil

Katon terlahir dengan nama Ignatius Bagaskoro Katon. Sejak kecil, Katon telah menunjukkan bakat seni dan sangat menyukai puisi. Dukungan sang ibulah yang terus mendorongnya untuk mengembangkan bakatnya tersebut. Lagu pertama diciptakan Katon saat masih kelas IV SD. Lagu tersebut diciptakan untuk mengenang kebersamaan dengan sang kakek yang telah tiada. Katon menciptakan lagu tersebut dengan piano kayu kecil.
Katon belajar gitar dari kakaknya, Andre Manika. Sejak itu, Katon berlatih dan mulai menciptakan lagu dengan gitarnya, secara otodidak. Lagu-lagu ciptaan Katon, pada awalnya, banyak dipengaruhi oleh musisi senior seperti, Ebiet G. Ade untuk penulisan lirik, Fariz RM untuk trend musik, Koes Plus dan The Beatles. Merekalah yang membentuk karakteristik musikal Katon. Lambat laun, semasa SMA, Katon telah berhasil menemukan gayanya sendiri, antara lain liriknya yang filosofis, estetis dan romantis. Kedekatannya pada puisi memberi andil besar dalam mempengaruhi gaya lirik-lirik lagu ciptaan Katon.

Karier Musik

Awalnya Katon bercita-cita menjadi diplomat. Sayangnya situasi dan kondisi memaksanya untuk bekerja. Tahun 1987, Katon bekerja sebagai cabin crew di perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. Jiwa seni yang ada dalam dirinya tak begitu saja bisa diredam. Akhirnya tahun 1988, bersama teman-temannya, Lilo, Adi, dan Ari, Katon membentuk grup musik KLa Project.
Berbekal uang tabungan, mereka merekam sample lagu "Tentang Kita". Lagu tersebut disukai oleh produser dan menjadi hit. Album pertama bertajuk "KLa Project" dirilis tahun 1988. Sampai tahun 1999, Kla Project telah mengeluarkan 8 album dan 2 buah album kompilasi lagu-lagu terbaik mereka. Ditambah 1 album "New Chapter" yang dirilis tahun 2004 dengan bendera "NuKLa". Eksistensi KLa Project selama hampir dua dekade sangat dipengaruhi oleh lirik dan untaian kata-kata puitis nan sarat makna. Kreasi KLa Project dalam menciptakan lirik dan lagu melahirkan nuansa baru dalam dunia musik pop tanah air. Akhir tahun 2008, KLa Project yang kembali menelurkan mini album bertajuk KLa Returns. Album ini semacam momentum kembalinya KLa Project ke blantika musik Indonesia seiring dengan kembalinya Lilo Radjadin, gitaris KLa yang diberitakan sempat keluar dari formasi KLa Project di tahun 2001 yang lalu.
Untuk solo kariernya, Katon telah mengeluarkan 5 buah album solo, 1 album kompilasi ditambah lagi dengan album terbaru 'Lovaholic~28' yang telah dirilis Desember 2007 yang lalu. Bersama kakak kandungnya, Andre Manika; dan adik kandungnya Nugie, mereka bertiga juga telah mengeluarkan album trio berkonsep humanis-religius dalam balutan musik yang menjadi style mereka masing-masing selama ini, yaitu britpop, modern-rock dan klasik berjudul KIDUNG CINTA.
Karier bermusiknya juga membawa Katon mencoba menjadi produser musik. Penyanyi yang diproduserinya adalah Nugie, sebanyak tiga buah album (Bumi, Air, dan Udara). Tidak hanya menjadi produser, Katon pun pernah menjadi penata vokal dan juga memberikan lagu-lagunya untuk dinyanyikan oleh penyanyi lain.

Kehidupan Pribadi

Katon Bagaskara menikah dengan Ira Wibowo tanggal 28 Oktober 1996. Sebelum menikahi Ira, Katon pernah menikah. Dari pernikahan pertamannya, Katon dikaruniai seorang putri bernama Chika Putri Bagaskara (lahir 9 Juni 1993). Sedangkan pernikahannya dengan Ira dikaruniai dua anak, Andhika Radya Bagaskara (lahir 28 Agustus 1997), dan Mario Arya Bagaskara (lahir 28 Agustus 2002).
 
 
 
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Katon_Bagaskara

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...