Wednesday, May 2, 2012

Bandara Kuala Namu, Deli Serdang - Sumatera Utara

Bandara Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatra Utara dipersiapkan menjadi bandara hub penerbangan ke luar negeri, menyaingi Bandara Changi Singapura. Sementara Bandara Soekarno-Hatta hanya menjadi bandara tujuan.


 
   “Kuala Namu dipersiapkan menjadi bandara hub [pengumpul] penerbangan internasional, posisi Medan memang menguntungkan karena berada di tengah,” kata Dirut PT Angkasa Pura II Tri S.Sunoko, hari ini.
   Menurutnya, jika Kuala Namu menjadi hub penerbangan internasional akan menghemat bahan bakar dan dapat melayani penerbangan langsung ke Eropa, sehingga tidak perlu lagi transit di Singapura maupun Kuala Lumpur.
   “Karena itu kami menyiapkan landasan pacu yang dapat menampung pesawat berbadan besar seperti Airbus 380 dan Boeing 777,” ujarnya.
    Sebagai langkah persiapan ke arah itu, paparnya, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Incheon, pengelola bandara yang terbukti sukses mengoperasikan bandara kelas internasional di Korsel.
    Dia mengemukakan proyek Bandara Kuala Namu saat ini sudah masuk tahap penyelesaian pembangunan yang diperkirakan mencapai sekitar 80%. Sehingga diharapkan sudah bisa beroperasi awal 2013.
   Mega proyek ini menghabiskan anggaran Rp7,2 triliun yang berasal dari PT AP II Rp2,5 triliun dan APBN Rp4,7 triliun. (berliana elisabeth s/yus)




sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...