Sunday, July 31, 2011

Sidang Isbat Memutuskan Mulai Puasa Pada Hari Senin Tanggal 1 Agustus 2011

Sidang isbat yang digelar Kementrian Agama telah memutuskan bahwa 1 Ramadan 1432 akhirnya jatuh pada Senin (1/8). Karenanya, malam ini umat Islam di Indonesia sudah bisa melaksanakan salat tarawih.

"Alhamdulillah baru saja kita menghubungi Kementerian Agama, ternyata puasa dinyatakan mulai besok dan malam ini dimulainya salat taraweh," kata Ketua Bidang Takmir Masjid Istiqlal KH Adnan Harahap, di hadapan jamaah salat Isya dan Taraweh Masjid Istiqlal, Minggu (31/7).


Di bulan ramadan tahun ini, sedikitnya 17 program amaliah ramadan digelar Masjid Istiqlal pada tahun ini. Antara lain, salat rawatib lima waktu, i"tikaf 24 jam, mauizah hasanah, dzikir dan doa menjelang berbuka puasa.

Selain itu, Istiqlal juga menyediakan ta"jil untuk buka puasa bersama bagi 3000 orang setiap hari selama Ramadan juga . "Silahkan datang kesini, kita duduk bersama," kata Adnan.

Setiap menjelang sholat tarawih dan Jumat, akan dilakukan pembacaan Al Quran oleh qari dan qariah nasional dan internasional. Sebelum tarawih, juga diadakan siraman rohani. Sedangkan ba"da tarawih digelar tadarus Al-quran.

Pada subuh usai salat digelar renungan fajar. Pada waktu dzuhur digelar dialog interaktif membedah kitab aqidah, syariah dan akhlak. Selain itu ada zakat mal, infaq, sadaqah dan zakat fitrah, serta peringatan Nuzulul Quran.

Seperti Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Istiqlal juga menggelar qiyamullail (salat malam) pada 10 hari terakhir puasa, sahur berjamaah, pesantren kilat remaja putra-putri, santunan 1000 anak yatim, takbir anak nasional, serta salat idul fitri bersama Presiden RI, Wapres RI, para pejabar negara, perwakilan negara sahabat dan masyarakat.




sumber
foto

3 comments:

  1. Boleh3X. Makasih atas supportnya gan..

    ReplyDelete
  2. wah info ini bagus juga bagi para poltikers hehehe.. bagus gan bermanfaat. follow back d tunggu gan

    ReplyDelete
  3. Siap gan.. Trim's atas supportnya,,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...