Tuesday, July 12, 2011

Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Cangu
 
Nggak tau sejak kapan saya begitu menyukai pegunungan dan air terjun. Udara pegununungan yang sejuk, pepohonan yang menghijau, apalagi ada air terjunnya membuat saya merasa nyaman. Beda sekali dengan pantai yang udaranya cukup panas serta matahari yang sangat menyengat. Meskipun begitu sesekali boleh juga berwisata bahari, tapi lain kali saja. Hehe..

Tempat-tempat wisata di Trawas sebenarnya nggak cuma Candi Jolotundo dan Air Terjun Dlundung saja, ada beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Tapi rasanya saya kurang berminat ke tempat-tempat tersebut. Karena itu saya lanjut saja ke Pacet untuk melihat keindahan Air Terjun Coban Canggu. Jarak antara Trawas dan Pacet juga nggak terlalu jauh. Kalo lagi jalan-jalan ke Trawas dan masih ada waktu, nggak ada salahnya untuk mampir sebentar ke Pacet, begitu pula sebaliknya.



Air Terjun Coban Cangu

Tempat wisata yang cukup dikenal di Pacet adalah Air Terjun Coban Canggu (yang bener Coban Canggu atau Cangu sih?). Ada juga sih wisata pemandian air panas yang nggak jauh dari air terjun, sayangnya saya juga kurang berminat untuk kesana. Pokoknya air terjun dulu, yang lain kapan-kapan aja. Hehe..

Untuk mencapai Air Terjun Coban Canggu, pengunjung harus berjalan menuruni cukup banyak anak tangga karena lokasi parkir memang agak di atas. Udah lama nggak olahraga, kerjaannya cuma makan sama tidur doang jadi agak ngos-ngosan. Padahal jaraknya nggak teralu jauh. Gimana kalo naik Gunung Lawu nih, bisa pingsan kali yah. Xixixi..


Air Terjun Coban Cangu

Di tepi jalan menuju air terjun tepatnya setelah pintu masuk ada beberapa kios yang menjual makanan dan minuman. Ada juga anak-anak muda, mungkin warga sekitar yang ngamen di jalan setapak tersebut. Kalo anak tangganya udah dilewati semua jalanan udah landai kok. Di sebalah kiri ada sawah yang menghijau, bener-bener khas pedesaan. Tidak jauh dari sawah itu air terjun samar-samar mulai keliatan di balik pepohonan. Sampe deket air terjun ada pengamen lagi. Wihh..

Sepertinya saya datang di waktu yang kurang tepat nih. Sekeliling air terjun udah rame bener, jauh lebih rame daripada Air Terjun Dlundung. Mungkin sekitar 90% yang datang membawa pasangannya. Pacaran masal nih.. Hahaha.. Debit air di Coban Canggu jelas lebih deras daripada di Dlundung. Coban Canggu juga memiliki ketinggian yang lebih tinggi. Sedikit mendekat ke air terjun sudah cukup membuat baju basah karena terkena percikan air yang lembut dan dingin. Niat mengambil foto air terjun dari dekatpun batal, lensa kamera basah terus..

Air Terjun Coban Cangu

Dekat air terjun ada juga flying fox, bayarnya murah cuma 10.000 kalo nggak salah. Cuma flying foxnya nggak tinggi dan jarak luncurnya juga pendek. Nggak ada istimewanya sih untuk flying foxnya, lebih cocok untuk anak-anak. Overall Air Terjun Coban Canggu cukup bagus dan nggak sulit untuk mencapainya. Lebih bagus lagi kalo kesini nggak di hari minggu atau libur nasional, biar nggak liat pacaran masal dan benar-benar bisa menikmati keindahan air terjun ini. Monggo di-share...




sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...