Sunday, October 24, 2010

Tora Sudiro

Tora Sudiro
Torasudiro.jpg
Nama lahir Gusti Tora Danang Sudiro
Lahir 10 Mei 1973 (umur 37)
Flag of Indonesia.svg Indonesia
Pekerjaan aktor, pelawak
Mempengaruhi The Cash
Pasangan Anggraini Kadiman (bercerai)
Mieke Amalia
Anak Azzahra Nabila
Nayara Kanahaya
Orang tua Tanto Sudiro dan Pinky Mardikusno

Tora Sudiro (terlahir dengan nama Gusti Taura Danang Sudiro; lahir di Jakarta, 10 Mei 1973; umur 37 tahun) adalah seorang aktor, bintang iklan dan pelawak Indonesia. Tora adalah anak pertama dari dua bersaudara pasangan Tanto Sudiro dan Pinky Mardikusno.
Ia pernah meraih Piala Citra sebagai aktor pemeran utama terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2004. Lewat film “Arisan!”, yang dibintanginya bersama Surya Saputra, Cut Mini, Aida Nurmala dan Rachel Maryam. Dalam film tersebut Tora memerankan karakter yang cukup kontroversial sebagai pria gay, yang menuntutnya beradegan ciuman dengan lawan main, Surya Saputra. Sebuah adegan ciuman antara dua laki-laki yang tercatat pertama kali dalam sejarah film Indonesia.[rujukan?] Di tahun 2005 dan 2006, ia memenangi Piala Panasonic Award sebagai aktor terfavorit.
Sebelum terjun di film, Tora adalah seorang pekerja asuransi, sound engineer dan periklanan. Bahkan ia pernah sekolah di Selandia Baru untuk belajar ilmu sound engineer tersebut. Ia pun tak punya latar belakang pendidikan film. Pertama kali ia membintangi film Tragedi. Tapi film arahan Rudi Soedjarwo itu belum mengibarkan namanya. Namanya baru berkibar setelah ia membintangi film Arisan!. Tawaran main di sejumlah sinetron pun mengalir. Orang pun akrab dengan wajahnya di acara komedi entertainment Extravaganza di salah satu stasiun televisi swasta. Dari situlah, masyarakat penikmat televisi mulai mengenalnya.
Tora Sudiro juga terkenal sebagai seorang aktor yang mengkoleksi banyak sekali tato disekujur tubuhnya.
Saat ini Tora berstatus sebagai duda setelah perceraiannya dari Anggraini Kardiman diputuskan oleh PA Kota Depok tanggal 7 Agustus 2009.[1] Saat ini, Tora aktif sebagai pemandu acara Indonesia's Got Talent di Indosiar

Filmografi

Sinematografi

Iklan TV



sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tora_Sudiro

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...