Monday, April 30, 2012

Pesona Alam Pulau Bawean


Sunset di Pulau Noko

Apakah Anda mengenal Pulau Bawean? Pulau yang berada di dalam pemerintahan Kabupaten Gresik ini didaulat mampu menyejajarkan diri dengan Bali atau Bunaken, Sulawesi Utara. Tidak banyak yang mendengar tentang Pulau Bawean. Namun, tahukah Anda bahwa sudah ribuan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini. Pulau ini adalah potensi wisata yang tidak bisa boleh dilewatkan di Gresik.

Pulau dengan keliling 55 kilometer dengan dua kecamatan ini dapat dicapai dalam 3 jam bila menggunakan kapal Bahari dan lima sampai enam jam dengan kapal tungkal. Sesampainya di Bawean, Anda bisa melihat keindahan dan kealamian Danau Kastoba, tempat wisata terindah di Pulau ini.
Bagi yang suka kegiatan trakking, perjalanan menuju Danau Kastoba bisa menjadi favorit Anda. Perjalanan bisa ditempuh dengan berjalan sejauh 500 meter, setelah mengendarai sepeda motor atau mobil, dengan jalan yang menanjak. Air yang jernih dan pepohonan yang rimbun menjadi daya tarik kealamiannya. Lokasinya yang berada di tengah Pulau ini menjadi keunikan tersendiri.
Bawean juga mempunyai air terjun di tengah pulau, seperti air terjun Laccar, Air Terjun Kuduk-Kuduk, dan Air Terjun Talomon. Bawean juga mempunyai obyek wisata air panas di Desa Sawahmulya, Kecamatan Sangkapura. Wisatawan bisa menikmati sumber air panas atau sekedar mencuci muka.
Bukan hanya itu, luasnya yang tidak terlalu besar membuat Bawean mempunyai 75 persen dikelilingi pantai pasir putih dan hitam dengan pemandangan indah dan terumbu karang di hampir seluruh laut Bawean. Beberapa pantai menarik yang bsia dipilih adalah Pantai Mayangkara dengan pasir putih, ombak tidak terlalu besar dan dekat dengan wisata religius Waliyah Zainab dan Pantai pasir putih dan satu-satunya pengembangan tanaman mangrove.
Bagi yang ingin menyantap kuliner khas Bawean, mungkin bisa pergi ke rumah makan terapung yang terletak di bibir pantai Desa Diponggo, dekat dengan Makam Waliyah Zainab. Daya tariknya dari rumah makan ini adalah letak bangunannya yang terapung di atas air laut.
Anda juga bisa menikmati beberapa pulau di sekitar Bawean. Pulau kecil ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indah seperti Pulau Selayar dengan posisi pulau perbukitan yang terletak di lepas pantai. Saat air laut surut, para pengunjung bisa menjangkau Pulau Selayar dengan jalan kaki.
Selanjutnya adalah Pulau Noko, sebelah timur Pulau Selayar. Untuk bisa mencapai harus menggunakan perahu nelayan setempat. Pulau Noko berdaya tarik dengan hamparan pasir putih bersih tanpa tanaman apa pun. Pengunjung bisa mandi dan berenang menikmati putihnya pasir, air yang bening serambi melihat terumbu karang.
Terakhir adalah Pulau Gili, favorit wisatawan. Bagi yang tertarik dengan kealamian, Pulau Gili menawarkan kekhasan tersendiri yakni mampu bertahan hidup walaupun pulau terisolir. Untuk sampai di Pulau Gili, para pelancong harus naik perahu dari daratan Sidogedungbatu (Bawean) sekitar satu jam perjalanan laut. Dalam perjalanan pun para pelancong bisa menikmati keindahan kehidupan bawah laut.
Tertarik mengunjungi pulau dengan banyak keindahan alam? Catat dan mulai arahkan tujuan wisata Anda ke Pulau Bawean sekarang juga! [VTO]




sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...