Friday, August 20, 2010

Air Terjun Tretes

Menikmati keindahan alam wisata air terjun Tretes di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam. Tinggi air terjun Tretes ± 150 meter dan terletak pada ketinggian ± 1700 meter di atas permukaan laut. Untuk menikmati pemandangan alam yang mempesona di air terjun Tretes ini anda diharuskan berjalan kaki sepanjang ± 5 km menuju tempat lokasi. Jalan yang tidak mudah ditempuh melewati bukit dan sungai. Jalan hanya berupa jalan setapak tanpa penunjuk arah apapun. Licin dan berbatu. Naik dan turun, tetapi justru di situlah tantangannya. setelah lelah berjalan dan mendaki anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang sangat mempesona. Air terjun yang mengalir dari pegunungan, hutan yang hijau, serta pegunungan berbatu akan menghipnotis anda dalam sekejap.

Dikarenakan susahnya menuju ke tempat lokasi sehingga masih jarang sekali pengunjung yang berwisata ke Tretes. Tetapi tidak jarang pula air terjun Tretes dijadikan tempat berkemah bagi pecinta alam.

Bagaimana menuju ke sana?

Jalur tercepat menuju ke Desa Galengdowo adalah melewati wilayah kabupaten Kediri ke Kandangan. Setelah sampai di pasar Kandangan belok kiri di pertigaan. Di sana anda bisa tanya kepada penduduk sekitar arah menuju Galengdowo.

Kendaraan umum yang tersedia hanya sampai Gudo, anda bisa naik angkutan umum dengan kode B2 atau F di terminal Kepuhsari, setelah di Gudo anda bisa oper naik kendaraan menuju ke pasar Kandangan. Sampai di Kandangan tidak ada kendaraan umum yang masuk ke lokasi yang letaknya masih jauh. Direkomendasikan untuk membawa kendaraan pribadi sendiri.