Saturday, December 25, 2010

Mark-Paul Gosselaar

Mark-Paul Gosselaar (2008)

Mark-Paul Harry Gosselaar (lahir di Panorama City, Los Angeles, California, 1 Maret 1974; umur 36 tahun) adalah pemeran dari Amerika Serikat. Peran yang paling dikenal orang barangkali adalah sebgai Zack Morris dalam serial televisi Saved by the Bell dan sebagai detektif John Clark, Jr. dalam NYPD Blue. Kini ia berperan sebagai Jerry Kellerman dalam serial Raising the Bar.

Kehidupan pribadi

Ayahnya, Hans, adalah orang Belanda dan ibunya, Paula, adalah seorang Indo.[1] Keduanya kini sudah bercerai. Ia adalah bungsu dan ketiga kakaknya semua lahir di Belanda.
Sejak usia lima tahun ia sudah menjadi model, dan sejak usia 10 tahun mulai berperan dalam film. Masa remajanya dijalani di Santa Clarita Valley, California selatan.
Gosselaar menikah dengan Lisa Ann Russell, lawan perannya dalam serial spin off Saved by The Bell: The College Years, sejak 26 Agustus 1996 dan memiliki dua anak dari perkawinan ini.
Di luar peran, kehidupan sehari-hari ia menyibukkan diri sebagai pembalap mobil, bersepeda lintasan, dan sebagai pilot.

Karier

Gosselaar mulai dikenal publik ketika dia menjadi peran utama sebagai Zack Morris dalam serial Saved by the Bell yang disiarkan di NBC dari 1988 hingga 1993. Ia pertama kali bermain di film penuh dalam Dead Man on Campus (1998).
Peran yang menonjol yang dimainkannya adalah dalam seri drama TV Hyperion Bay, sepanjang 17 episode. Dari tahun 2001 hingga 2005 ia memainkan peran detektif John Clark, Jr. dalam serial NYPD Blue yang ditayangkan ABC. Peran yang terakhir dimainkannya adalah sebagai pengacara Jerry Kellerman dalam serial TV Raising the Bar mulai 1 September 2008 di stasiun televisi TNT.

Filmografi

 
 
 
sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Mark-Paul_Gosselaar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...