Tuesday, January 4, 2011

Air Terjun Moramo

Daya Pikat Air Terjun Moramo Air Terjun Moramo ---Sulawesi-ecotours.com
 
DIMANAPUN keberadaannya, ukiran alam yang mengalirkan airnya dari ketinggian ini selalu menjadi daya tarik wisata. Salah satunya Air Terjun Moramo, sebuah anugerah alam yang begitu menakjubkan bagi masyarakat Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat (cascade) dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Ini menghadirkan keindahan tersendiri yang konon menurut legenda lokal dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari khayangan.

Di samping tujuh tingkatan utama tersebut, ada juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air). Dari sekian banyak kolam tersebut, hanya satu yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari tujuh tingkatan utama.

Secara geografis, Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa yang juga merupakan objek wisata sekaligus sebagai area hutan lindung di Sulawesi Tenggara.

Karena terletak di kawasan hutan lindung, Anda akan marasakan kesejukan udara di sekitar air terjun. Kawasan tersebut juga habitat ideal bagi beraneka burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya.

Perpaduan keindahan panorama alam, kicauan burung yang bersahutan dan tarian kupu-kupu beraneka warna, menjadi daya tarik tersendiri dari kawasan Air Terjun Moramo.

Daya pikat yang tidak kalah menariknya adalah pesona bebatuan yang membentuk tingkatan. Bebatuan yang membentuk tingkatan tersebut tidak licin meski dialiri air secara terus menerus, sehingga Anda dapat mendaki sampai ke puncaknya.

Di samping itu, bebatuan tersebut juga memberi pesona yang menakjubkan ketika tersentuh oleh sinar mentari. Bebatuan itu akan memancarkan kilauan warna indah yang didominasi oleh warna hijau.

Untuk merasakan kesegaran dan keindahan Air Terjun Moramo, Anda bisa menuju Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan dapat dimulai dari Bandara Walter Monginsidi yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan.

Dari bandara Walter Monginsidi, Anda dapat langsung menuju kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa tepatnya di tempat pemberhentian akhir kendaraan. Dari situ perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. (wisatamelayu.com/*/X-12) 
 
 
sumber :  http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/11/24/1725/2/Daya-Pikat-Air-Terjun-Moramo-
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...