Monday, January 10, 2011

Wieteke van Dort

Wieteke van Dort sebagai Tante Lien, 2009

Louisa Johanna Theodora "Wieteke" van Dort (lahir di Surabaya, 16 Mei 1943; umur 67 tahun) adalah seorang aktris, kabaretis, dan penyanyi dari Belanda. Ia dikenal dari berbagai program televisi untuk anak-anak dan sebagai pembawa acara Late Lien Show dengan persona wanita Indisch.
Kota kelahirannya, Surabaya, menjadi tempat ia menempuh masa kecilnya hingga memasuki sekolah menengah. Pada saat ia berusia 14 tahun, bersama keluarganya ia berlibur ke Belanda. Pada saat itu, Sukarno, presiden pertama Indonesia, menjalankan kebijakan nasionalisasi sehingga ia terpaksa tinggal di Belanda dan tidak dapat kembali ke Indonesia.

Di Den Haag, kota tempat tinggalnya yang baru, ia meninggalkan sekolah menengah tanpa ijazah untuk masuk sekolah drama. Kembali ia keluar tanpa ijazah setelah dua tahun. Meskipun demikian, ia dapat bergabung dalam kelompok drama Nieuwe Komedie/Toneelgroep Arena, untuk kemudian berkarier di bidang pertunjukan dan juga sebagai penyanyi.
Di tahun 1980-an ia membawakan acara yang bersuasana khas Indo ("Indisch"), kultur yang dikenalnya sejak kecil, yang terkenal, The Late Lien Show. Ia juga merekam cerita dan lagu bertema Indo, dengan bahasa Belanda kreol dialek Indisch.
Karena konsistensinya dalam memperkenalkan kultur Indo, pada tanggal 29 April 1999 van Dort dianugerahi penghargaan Ksatria Bintang Jasa Oranye-Nassau[1]
 
 
 
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Wieteke_van_Dort
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...