Saturday, January 8, 2011

Liga Primer Indonesia

Liga Primer Indonesia
Logo-lpi copy.png
Negara  Indonesia
Konfederasi AFC
Dibentuk 2010
Musim pertama 2011
Liga/Divisi 1
Jumlah tim 19
Stasiun televisi penyiar Indosiar[1]
Situs web www.ligaprimerindonesia.co.id
Soccerball current event.svg Liga Primer Indonesia 2011

Liga Primer Indonesia, disingkat LPI (bahasa Inggris: Indonesia Premier League) adalah kompetisi sepak bola antar klub profesional di Indonesia yang diselenggarakan sejak 2011. LPI diselenggarakan oleh PT Liga Primer Indonesia yang dimotori oleh pengusaha Arifin Panigoro. LPI tidak berafiliasi dengan PSSI, sehingga menjadi ajang tandingan terhadap Liga Super Indonesia yang diselenggarakan oleh PSSI.

Kontroversi

Liga ini sempat menuai kontroversi dari petinggi PSSI karena dianggap ilegal. Seluruh pemain dan ofisial yang berlaga di LPI juga diancam PSSI akan dikenai sanksi, walaupun hingga pertandingan pertama belum digelar pada 8 Januari 2011 sanksi tersebut belum diturunkan.
Liga ini didukung antara lain oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menpora Andi Mallarangeng dan Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi Ds.

Format kompetisi

LPI menggunakan format kompetisi penuh, dimana setiap tim akan bertanding 2 kali dalam 1 musim (kandang dan tandang). Pemenang akan ditentukan dari jumlah poin paling banyak selama 36 pertandingan.

Televisi penyiar

LPI disiarkan oleh Indosiar. Indosiar menyiarkan secara langsung 1 pertandingan pada hari Sabtu atau Minggu seiap pekannya.[1]

Klub

LPI 2011 diikuti oleh 19 klub peserta sebagai berikut:
 
 
 
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Primer_Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...