Sunday, August 15, 2010

Padusan

image
Magelang, CyberNews. Kolam renang menjadi salah satu lokasi paling favorit masyarakat dalam melakukan padusan atau mandi keramas sebelum menjalankan ibadah puasa.
Hal ini terlihat di kolam renang Tirto Aji, Mendut dan Kalibening selama beberapa hari terakahir. Karena sudah merupakan acara tahunan, ketiga kolam renang di Kabupaten Magelang itu pun menggelar acara khusus padusan.
Rata-rata para peserta padusan melakukannya pada pagi hari dan sore hari. Khusus hari Sabtu dan Minggu, padusan bahkan berlangsung sejak pagi hari. Ribuan peserta padusan melakukanya bersama anggota keluarga mereka.
Dari hasil penjualan tiket di kolam renang Tirto Aji diketahui jumlah peserta padusan mencapai 3 ribu orang selama penyelenggaraan padusan bersama. Jumlah peserta padusan di kolam renang Mendut dan Kalibening lebih banyak lagi. Ini membuktikan kolam renang tetap menjadi lokasi favorit padusan masyarakat.
"Untuk menyambut bulan puasa 1431 H (2010) ini, kami menggelar tradisi padusan. Jika tahun lalu dimeriahkan dengan musik dangdut, kami tahun ini tidak menggelarnya dengan pertimbangan keamanan," kata pengelola kolam renang Tirta Aji Muntilan, Susilowati.
Menurut dia tradisi padusan biasanya diikuti masyarakat umum mulai anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Puncak padusan ini adalah sehari sebelum puasa. "Mereka mandi bersama-sama sambil keramas untuk membersihkan seluruh tubuh agar bisa menjalankan ibadah puasa dalam keadaan suci," katanya.
Masyarakat memiliki keyakinan bahwa padusan akan bisa membersihkan diri mereka sehingga bisa menjalankan ibadah puasa lebih sempurna. "Sebenarnya, mandi menjelang puasa bisa dilakukan di rumah, tapi kalau dilakukan bersama-sama lebih ramai," jelasnya


sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/08/09/61972/Kolam-Renang-Jadi-Lokasi-Favorit-Padusan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...