Saturday, September 4, 2010

Tips Mudik dengan Sepeda Motor

Berikut adalah tips atau hal-hal yang kiranya harus diperhatikan dan dipersiapkan bagi para pemudik Lebaran yang menggunakan sepeda motor, agar perjalanan mudik aman dan selamat sampai ke kampung halaman yang dituju!

1. Persiapkan sepeda motor dengan maksimal.
Terdengar klise, tetapi penting dilakukan. Manfaatkan waktu servis beberapa hari sebelum mudik agar tak terlalu mengantre di bengkel.

2. Standar keselamatan berkendara.

Gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap, seperti helm standar, sarung tangan, sepatu, jaket, dan celana panjang. Banyak yang mengatakan biaya aksesori mudik lebih mahal daripada biaya mudik. Padahal, benda-benda ini bisa menjadi investasi di masa depan dan juga investasi kehidupan agar terhindar dari risiko kecelakaan.











3. Muatan yang tepat.
Pulang ke kampung tentu Anda ingin membawa banyak bawaan. Hati-hati, beban yang berlebih di bagasi bisa mengakibatkan sepeda motor oleng di jalan. Jika terpaksa bawa banyak barang, gunakan jasa pengiriman barang.

4. Rencanakan waktu mudik.
Agar tak terburu-buru, perhitungkan waktu keberangkatan dan kepulangan Anda.

5. Manfaatkan pos siaga mudik lebaran.
Di sepanjang jalur mudik akan tersedia banyak pos siaga baik. Di pos ini Anda bisa beristirahat, bertanya jalan jika tersesat, dan manfaatkan fasilitas peta gratis.

6. Cek jalur mudik.
Bagi para pemula sebaiknya cari informasi jalur yang akan dilalui. Jangan lupa juga untuk mencari jalur alternatif jika sewaktu-waktu jalur yang Anda tak bisa dilalui.

7. Kenali kendaraan yang dipakai.
Jika Anda menggunakan sepeda motor baru bukan berarti semua akan berjalan lancar. Coba kenali dulu “ciri khas” kendaraan Anda, seperti bagaimana kemampuan akselerasi, rem, dan keseimbangannya. Apalagi jika Anda meminjam sepeda motor teman.



sumber : http://westjava.org/tips-aman-mudik-dengan-sepeda-motor/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...